Pages

Jumat, 24 Januari 2014

SERIBU POHON UNTUK ANAK CUCU KITA


Akhir-akhir ini sudah beredar banyak sekali slogan-slogan tentang penyelamatan lingkungan. Slogan-slogan tersebut berisikan kata-kata ajakan atau himbauan kepada masyarakat luas untuk menyelamatkan bumi yang kita huni ini dari kehancuran yang disebabkan oleh rusaknya lingkungan. Contoh slogan-slogan tersebut seperti “Seribu Pohon Untuk Anak Cucu Kita”, “Satu Pohon Selamatkan Bumi”, “Sejuta Pohon, Sejuta Oksigen”, “Ayo Tanam Seribu Pohon”, dan masih banyak lagi. Para pencetus itu melakukan hal seperti itu bertujuan untuk mengajak masyarakat luas untuk menjaga lingkungan dari kehancuran ini. Slogan-slogan ini dapat berpengaruh positif bagi masyarakat luas. Karena slogan seperti ini dapat berdampak baik bagi kita (makhluk hidup).


Bumi yang kita huni sekarang ini keadaanya sudah cukup parah. Udara yang kita hirup sehari-hari pun semakin hilang kesejukannya. Oksigen  yang kita butuhkan untuk bernafas saja semakin berkurang keberadaanya. Hal tersebut terjadi karena, bumi kita huni ini telah  kehilangan hutan, pohon-pohonan, dan lahan pertanian. Itu semua terjadi karena akibat dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Hutan, lahan pertaniaan, pohon-pohonan yang semula memiliki fungsi untuk memberi  kesejukkan, mengindahkan bumi, memberi  kehidupan bagi para makhluk hidup, kini malah beralih fungsi menjadi lahan perumahan, arena rekreasi, dan gedung-gedung bertingkat yang dapat merugikan masyarakat kecil, dan menguntungkan bagi para pembuatnya.

Udara di bumi kita ini sudah tidak sesejuk dahulu lagi, itu semua karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dan tidak perduli terhadap dampak buruknya bagi lingkungan. Lahan pertanian, hutan, pohon-pohonan, yang kini berubah fungsi menjadi lahan perumahan, arena rekreasi, dan gedung-gedung bertingkat sangat berpengaruh buruk dan tidak baik untuk udara di bumi kita. Seharusnya manusia-manusia yang tidak memiliki perasaan dan tidak perduli terhadap dampak dari lingkungannya sendiri, jika ingin membangun perumahan, arena rekreasi, atau bangunan-bangunan lainnya jangan di tanah atau daerah yang subur, karena itu semua hanya akan merugikan bagi banyak orang, udara, dan para makhluk hidup lainnya.


Kini banyak pohon-pohon di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya yang mati atau kering. Pohon-pohon tersebut bisa seperti itu karena pohon tersebut tidak bisa menyerap air dengan baik  yang menjadi modal utama bagi tumbuhnya pohon-pohon tersebut. Daerah-daerah resapan air di kota-kota besar kini sudah mulai berkurang. Akibatnya jika musim penghujan dating, banjir akan tiba untuk menyerang, membawa wabah penyakit, dan setelah itu akan menggenangi tempat tinggal mereka dalam jangka waktu yang relatif lama (tergantung dari lamanya musim penghujan). Jika hutan hilang, maka makhluk hidup yang tinggal dihutan akan bermigrasi (berpindah tempat tinggal), mencari tempat tinggal baru (hutan) yang dapat memberi kehidupan bagi mereka. Bila semua hutan yang ada dimuka bumi ini hancur, rusak, maka yang akan terjadi adalah mereka (hewan-hewan yang tinggal dihutan) akan memhampiri rumah-rumah penduduk, dan menghancurkan segala sesuatu yang ada disana. Kalau sudah seperti itu maka yang akan rugi adalah para penduduk yang tidak tahu apa-apa. Polisi hutan yang bertugas disana saja tidak dapat mengatasi hal seperti itu, karena para perusak lingkungan tersebut sangat cerdik dan memiliki banyak akal untuk merusak lingkungan. Para perusak lingkungan tidak pernah memikirkan dampaknya bagi lingkungan dan orang banyak, karena yang ada dipikiran mereka hanyalah meraih keuntungan yang sangat besar dan melimpah. Bila pohon-pohonan dikota-kota besar seperti Jakarta misalnya hilang atau tidak memiliki daerah yang di buat khusus untuk pohon-pohonan, maka kota Jakarta tersebut tidak akan memiliki udara dan oksigen yang segar, yang sangat mereka perlukan. Akibatnya tidak hanya itu saja, asap-asap kendaraan, limbah-limbah 
pabrik juga dapat merusak lapisan ozon yang sangat penting bagi kita (makhluk hidup).

 Dan jika lahan pertanian yang sekarang ini dijadikan sebagai lahan perumahan, arena rekreasi, dan pembangunan gedung-gedung bertingkat akan sangat berpengaruh buruk bagi para petani, diantaranya para petani akan kehilangan mata pencahariannya. Bukan hanya para petani saja yang merasa rugi, tetapi kita sebagai konsumen pun akan ikut rugi, karena jika lahan pertanian menjadi hilang, secara tidak langsung makanan pokok (beras yang dibutuhkan untuk kita makan sebagai karbohidrat penambah energy bagi tubuh) kita sehari-hari pun akan ikut hilang, dan ini tidak hanya berdampak pada kita tetapi berdampak juga bagi Negara kita Indonesia dalam hal perekonomian. Coba saja manusia seperti kita ini tidak serakah, dan bisa peduli terhadap lingkungan, mungkin bencana tersebut tidak akan terjadi dan tidak akan menimpa  kepada kita.

Kini hal tersebut harus ditangani dengan serius oleh pemerintah. Pemerintah harus bisa menghimbau dan mengajak masyarakat agar tidak merusak lingkungan dan mau menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar tidak terjadi kehancuran yang berkelanjutan. Kebijakan pemerintah disini harus dituntut dengan tegas. Pemerintah harus bisa mengatasi persoalan  seperti ini. Kebijakan-kebijakan pemerintah  tersebut dapat berupa pembangunan berkelanjutan, penanaman pohon kembali, langit biru, dan lain sebagainya. Pembangunan berkelanjutan maksudnya adalah proses pembangunan (kota, desa, bisnis, dan lain sebagainya.) yang berprinsip memenuhi kebutuhan tanpa merusak kebutuhan generasi masa depan. Salah satu fungsi dari pembangunan berkelanjutan adalah untuk memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan ekonomi masa depan. Sedangkan penanaman pohon kembali dan langit biru dimaksudkan agar bumi kita dapat terbebas dari polusi uadara yang dapat merusak system pernafasan kita. Kebijakan-kebijakan tersebut di buat agar masyarakat dapat perduli terhadap lingkungan yang akan memberi  manfaat kepada anak cucu kita kelak. Dan seharusnya pemerintah dapat memberi sanksi bagi para perusak lingkungan yang dapat  membuat mereka jera. Dan tidak akan merusak lingkungan lagi. Sanksi tersebut bisa berupa hukuman pejara dan lain sebagainya.


Para perusak lingkungan tidak hanya orang-orang yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi, melainkan para pengusaha-pengusaha besar  yang ingin mendapatkan keuntungan sangat besar tanpa perduli dampak yang akan terjadi pada  masa yang akan datang. Masyarakat dan para pemerintah harus perduli terhadap lingkungan di bumi ini, terutama lingkungan tempat tinggal mereka. Jika masyarakat dan para pemerintah tidak bisa perduli terhadap lingkungan yang ada di muka bumi ini maka mereka semua mungkin juga dapat dikatakan tidak perduli terhadap generasi masa depan yang akan datang (anak cucu mereka). Jika para perusak bumi tidak dapat di cegah maka habislah sudah lingkungan yang kita miliki ini, dan dampaknya akan terjadi dan akan berpengaruh sangat besar pada generasi masa depan yang akan datang (anak cucu kita).

Rusaknya lapisan ozon, pemanasan global, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh dari rusaknya lingkungan di muka bumi ini, in semua di akibatkan  oleh ulah para manusia yang tidak memiliki perasaan. Lapisan ozon sangat bermanfaat bagi para makhluk hidup yang hidup di muka bumi ini. Manfaat dari lapisan ozon sendiri adalah untuk melindungi kita dari radiasi sinar ultraviolet (UV) yang di pancarkan oleh matahari. Karena sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kita karena dapat menyebabkan kita terserang penyakit kanker kulit, katarak, kerusakan genetic dan lain-lain. Jika lapisan ozon rusak maka fatallah akibatnya bagi kita semua. Sedangkan pemanasan global terjadi karena adanya pergeseran perubahan pola hujan, konsumsi industry dan teknologi, meningkatnya temperature udara, efek rumah kaca, dan dapat  membuat mencairnya es dikutub utara. Es di kutub utara dapat mencair karena perubahan cuaca yang ekstream, efek rumah kaca dan lain-lain. Jika es di kutub utara mancair maka Negara kita Indonesia akan tenggelam. Tidak hanya itu saja, mungkin bumi kita ini akan hancur binasa dan tidak ada sisa sama sekali. Dan hal tersebut sangat merugikan sekali bagi makhluk hidup yang tinggal di kutub utara, seperti orang Eskimo, beruang kutub, pinguin, anjing laut, singat laut dan lain-lain.


Dampaknya tidak hanya itu saja. Hal tersebut bias juga berdampak bagi kesehatan kita. Seperti contoh mewabahnya penyakit diare, kencing tikus, yang dapat berakibat sangat buruk bagi kondisi tubuh kita. Generasi masa depan (anak cucu kita) yang akan menggantikan kita kelak, akan hadir ditengah-tengah kondisi lingkungan yang krisis dan sangat memprihatinkan. Jika kita tidak ingin melihat generasi masa depan kita (anak cucu kita) hancur karena rusaknya lingkungan, maka berarti kita harus bisa menyadarkan masyarakat dan orang-orang yang tidak memiliki perasaan (pengusaha yang serakah) untuk peduli terhadap lingkungan dan alam yang ada di muka bumi ini.

Saat ini satu atau dua pohon tanaman kecil sangat berpengaruh penting bagi makhluk hidup seperti kita. Karena menurut para peneliti satu atau dua pohon tanaman kecil saja bias membuat dua atau empat orang menghirup udara dan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup seperti kita ini. Bayangkan saja, jika kita menanam tiga atau lima pohon besar, berarti kita sudah membuat enam atau sepuluh orang menghirup udara dan oksigen yang segar dengan penuh rasa leluasa. Sebagai anak bangsa yang memiliki rasa perduli terhadap lingkungan kita harus bias menyadarkan masyakarat akan pentingnya menjaga lingkungan atau alam yang ada dimuka bumi ini. Jika alam atau lingkungan yang kita jaga ini bias berubah kembali seperti dahulu, niscaya generasi masa depan kita (anak cucu kita) akan dapat hidup sejahtera tanpa kendala apapun.
Namun sayang, untuk bias menyadarkan masyarakat yang jumlahnya berjuta-juta orang itu sulitnya bukan main. Tidak sesulit seperti kita membalikkan telapak tangan kita. Kita harus memiliki suatu hal yang dapat mempegaruhi pikiran mereka (bukan seperti hipnotis), sehingga mereka mau merawat dan menjaga lingkungan untuk generasi masa depan (anak cucu kita) kelak.

Slogan-slogan tentang ajakkan seperti inilah yang harusnya menjadi motivasi bagi kita dalam menjalani kehidupan agar kita semua terhindar dari berbagai macam bencana yang disebabkan oleh lingkungan. Kalau bukan kita yang menjalankan atau menggerakkan masyarakat untuk merawat dan menjaga lingkungan dan alam, maka siapa lagi? Kita selamatkan bumi dan generasi masa depan kita ( anak cucu kita ) untuk masa depan yang lebih cermelang atau, anak cucu kita yang akan hancur? Atau kita berubah dari sekarang ini juga.

Hijaukan Bumi Demi Kehidupan yang Lebih Indah dan Hijau ^_^ Lestarikan Hijau Indonesia

2 komentar:

  1. Generasi muda patut untuk melestarikan bumi yang hijau,apalagi generasi muda Indonesia harus menjaga dan melestarikan keindahan alam Indonesia nan Hijau..

    BalasHapus
  2. The Wynn's 898 Casino Center Blvd. Las Vegas, NV | MapYRO
    Hotels 1 - 12 of 67 — Looking for hotels 의왕 출장안마 near The Wynn Casino Center Blvd in 서산 출장마사지 Las Vegas? Choose 인천광역 출장마사지 from 41 제천 출장안마 nearby hotels. All our top recommendations will be 양산 출장샵

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text